Sabtu, 17 September 2016

PROFIL SDN MADYOPURO 5

PROFIL SDN MADYOPURO 5 KEC. KEDUNGKANDANG KOTA MALANG

Peningkatan mutu pendidikan terus diupayakan oleh pemerintah dengan berbagai cara dan strategi, diantaranya pemberian dana bantuan operasional sekolah, pengadaan buku pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana sekolah, dan program manajemen pendidikan berbasis sekolah ( school base management). Penyempurnaan kurikulum terus dilakukan dan diupayakan untuk mendapatkan solusi terbaik dalam rangka peningkatan mutu sekolah dan pendidikan di SDN Madyopuro 5. Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Merujuk pada tujuan pendidikan dasar tersebut maka tujuan SDN Madyopuro 5 adalah sebagai berikut :
a)        Dapat mengamalkan ajaran agama hasil proses pembelajaran, dan kegiatan pembiasaan
b)        Meraih prestasi akademik maupun non akademik minimal tingkat kota
c)        Menguasai dasar-dasar IPTEK sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi
d)       Dapat mengembangkanbakatdanminatsiswa melalui kegiatan ekstra kurikuler
e)        Melayani anak berkebutuhan khusus melalui program inklusi


Sekolah Dasar Negeri Madyopuro 5 didirikan pada tahun 1983 berdiri diatas tanah seluas 2325 m2 dan luas bangunan 905 m2 , status tanah Sertifikat Hak Milik terletak di Jl. Ki Ageng Gribig No. 47 Kelurahan Madyoupuro Kecamatan Kedungkandang (6 km arah Timur dari Pusat Kota Malang). Sekolah ini letaknya mudah dijangkau oleh kendaraan serta dikelilingi oleh pemukiman penduduk, sebagai pusat Pemerintahan Kelurahan, serta berdekatan dengan Kantor UPT Pendidikan Kecamatan Kedung Kandang, dengan SMK Negeri 6, dan Pasar Tradisional. Dalam kurun waktu empat tahun terakhir, banyak prestasi yang telah dicapai oleh SD Negeri    Madyopuro 5 baik bidang akademik maupun non akademik. SD Negeri Madyopuro 5 memerlukan peningkatan dan pengembangan dalam berbagai aspek, misalnya dalam hal kurikulum, pembelajaran, sumberdaya manusia, sarana dan prasarana, kesiswaan, pendanaan, serta peran serta masyarakat dalam bidang pendidikan. 

Sebagai Sekolah inti di gugus 2 Madyopuro, Klub Olahraga Embrio Sport yang bersekretariat di SDN Madyopuro 5 pada tahun 2015 menjuarai lomba Management Club SD di tingkat propinsi Jawa Timur sebagai juara 3. 
Dan pada tahun 2016 ini Klub Olahraga Embrio Sport mengikuti lagi lomba Management Club Sekolah Dasar di tingkat Nasional, dengan harapan Klub Olahraga Embrio Sport mampu memperoleh juara 1 di tingkat Nasional.




Visi
“ Unggul dalam IMTAQ, IPTEK, meraih prestasi yang berpijak pada budaya bangsa serta menciptakan pendidikan yang ramah berwawasan lingkungan ”
Misi
     a. Menciptakan siswa-siswi yang berprestasi di bidang IMTAQ dan           IPTEK
    b. Menciptakan siswa-siswi yang berprestasi, mandiri, terampil, sadar       dengan budaya bangsa dan peduli lingkungannya
    c.   Menggali dan menumbuhkan bakat & minat siswa-siswi.
                                              d.   Mengembangkan pelayanan inklusi pada anak berkebutuhan khusus.

LokasiSekolah :
Jl. Ki AgengGribig No. 47 Kel.MadyopuroKec. Kedungkandang Kota Malang

StrategiPengembanganSekolah :
Untuk merealisasikan Visi dan Misi sekolah perlu disusun langkah – langkah strategi semua kegiatan sekolah mencapai sasarannya.Antara lain :
1. Musyawarah bersama warga sekolah (Pengurus yayasan, KS, Komitedan Guru) untuk merumuskan tujuan yang akan dicapai.
2.      Mengkomunikasikan dan mensosialisasikan tujuan – tujuan tersebut pada warga sekolah, Dewan Sekolah, Stake Holders dan warga masyarakat.
3.     Menumbuhkan semangat merasa memiliki SD Negeri Madyopuro 5 kepada Warga Sekolah dan Warga Masyarakat. Dengan tujuan menumbuhkan rasa ikut bertanggungjawab mengembangkan sekolah menuju sekolah yang berkualitas.  
4.    Mengadakan identifikasi kekuatan, kelemahan peluang dan ancaman (Analisis SWOT) SD Negeri Madyopuro 5.  
5.    Mengadakan evaluasi kerja dengan mengukur kepuasan, dalam hal ini wali murid dan instansi terkait.
6.      Mengadakan umpan balik tujuan-tujuan yang telah diukur.

FasilitasSekolah :
1.      R. Guru
2.      R. Kepsek
3.      R. Aula
4.      R. Embrio Sport
5.      Lab. Komputer
6.      Lab. Bahasa
7.      Mushola
8.      UKS
9.      R. Pramuka
10.  Taman Baca
11.  Perpustakaan
12.  Taman Baca
13.  TempatParkir
14.  Toilet siswa
15.  Toilet Guru
16.  Kantin
17.  Jaringan Internet Wifi
18.  LCD Proyektor
19. Air minum gratis untuk siswa

2 komentar:

  1. mantap dan jaya!!!!
    semoga sukses untuk GUGUS 2 MERAIH PRESTASI TERTINGGI

    BalasHapus